Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Akademi

No comments
Selain universitas, jenis perguruan tinggi ada juga yang bernama akademi. Akademi baik negeri maupun swasta di Negara kita banyak banget, jauh lebih banyak dibandingkan dengan universitas. Terus sebenarnya lembaga tinggi seperti apa akademi itu?

Akademi ternyata merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi, penelitian, atau keanggotaan kehormatan. Nama ini berasal dari sekolah filsafat Plato yang didirikan pada sekitar tahun 385 SM di Akademia.

Akademi dalam pendidikan di Indonesia merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu.

Salah satu contoh Akademi di Indonesia adalah Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol. Akademi Kepolisian merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kepala Lembaga Pendidikan Polr).

Contoh lainnya adalah Akademi Militer atau disingkat Akmil. Akademi Militer merupakan sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat di Kota Magelang, Jawa Tengah. Akademi Militer Magelang mencetak Perwira TNI Angkatan Darat.

Jenis-jenis akademi terus berkembang sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. baru-baru ini Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mewacanakan suatu akademi yang bernama Akademi Komunitas Berbasis Pesantren.

Menurut Menteri, di Indonesia telah banyak pondok pesantren yang sudah memiliki jenjang pendidikan SMA/SMK, Kemenristekdikti mendorong pesantren di Indonesia untuk meningkatkannya ke jenjang pendidikan tinggi. Kita perlu tingkatkan kualitasnya ke pendidikan tinggi melalui jembatan yang namanya akademi komunitas.

Melalui akademi komunitas, pendidikan vokasi pada jenjang perguruan tinggi pun dapat dilaksanakan. Nantinya pendidikan vokasi melalui akademi komunitas diharapkan dapat dikembangkan untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan lebih cepat.

Menteri Nasir melanjutkan, pendidikan vokasi di pesantren tidak hanya pada teknik elektro, teknik mesin, atau teknik komputer saja, melainkan harus sesuai dengan potensi di daerahnya. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan daya saing untuk bekerja di industri dan mengembangkan potensi daerahnya.

Bekerjasama dengan Konsorsium Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama dan Yayasan Penabulu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mensosialisasikan bentuk dan persyaratan pendirian pendidikan tinggi akademi komunitas kepada 99 perwakilan pesantren di Provinsi Jawa Tengah. Saat ini terdapat lebih dari 90 pondok pesantren di Provinsi Jawa Tengah dan lebih dari 70 pondok pesantren di Provinsi Jawa Timur yang memiliki pendidikan SMK, namun baru ada dua akademi komunitas di pondok pesantren yang berdiri di Jawa Tengah. Kedepannya, Menristekdikti akan mendorong lebih banyak lagi pondok pesantren untuk memiliki akademi komunitas.

Pendidikan vokasi melalui akademi komunitas memiliki status yang sama dengan perguruan tinggi lain, dengan jenjang pendidikan Diploma Satu (D-1) dan Diploma Dua (D-2). Hal ini diyakini Menristekdikti sebagai salah satu upaya meningkatkan Global Competitiveness Index, khususnya di bidang higher education and training.

Kami berharap informasi mengenai persoalan salah satu bentuk Perguruan Tinggi yaitu Akademi, dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ristekdikti.go.id
- ujiantulis.com

No comments :

Post a Comment