Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Institut

No comments
Adik-adik pelajar tentunya sering mendengar istilah Istitut, bahkan mungkin salah satunya jadi incaran anda untuk kuliah seperti Institut Teknologi Bandung atau ITB, terus ada ITS di Surabaya. Kalian tahu apa arti sebenarnya dari kata "Institus"?

Kata para pakar ilmu, Institut secara umum dapat berarti lembaga yaitu badan organisasi yang dibuat untuk tujuan tertentu. Makanya seringkali Institut berupa organisasi penelitian (lembaga penelitian) yang dibuat untuk melakukan penelitian pada topik tertentu. Sebuah lembaga juga dapat menjadi badan profesional, atau yang terlibat dalam pendidikan orang dewasa.

Di beberapa negara seperti halnya di Indonesia, Institut dapat menjadi bagian dari universitas atau lembaga pendidikan tinggi lainnya, baik sebagai kelompok departemen atau lembaga pendidikan otonom tanpa status universitas tradisional seperti "Institut universitas".

Di beberapa negara, seperti Korea Selatan dan Jepang, sekolah swasta kadang-kadang disebut sebagai institut, bukan sekolah. Bahkan di Spanyol sekolah menengah disebut sebagai institut.

Institut di negara kita merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam sekelompok disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Salah satu bentuk institut di Indonesia adalah Institut Teknologi. Terdapat banyak institut teknologi publik di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, ada ratusan lembaga lain yang dimiliki oleh swasta atau lembaga lain.

Terus apa bedanya antara Institut teknologi dengan Politeknik atau poltek? Institut teknologi adalah jenis universitas yang berspesialisasi dalam teknik, teknologi, ilmu terapan, dan terkadang ilmu alam. Sedangkan Politeknik menyediakan pendidikan kejuruan yang menawarkan gelar Diploma tiga tahun, yang mirip dengan gelar associate, atau gelar sarjana empat tahun. Gelar Master dan doktor yang lebih maju masih dalam proses.

Di Indonesia, dalam rangka menjawab kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di industri nasional, Kemenristekdikti akan merevitalisasi pendidikan tinggi vokasi (juga politeknik) agar dapat sejajar dengan institut dan universitas. Usaha tersebut antara lain dapat dilakukan alam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru politeknik, harus bersamaan dengan universitas dan institut negeri melalui seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN.

Selain rencana tersebut, Menristekdikti Nasir mengemukakan beberapa rencana program revitalisasi penting lainnya seperti mendorong agar program D3 menjadi D4, sehingga setara dengan S1. Juga program peningkatan kualitas dosen. Dosen pendidikan vokasi juga akan sampai level doktor dan master. Jika tidak ada di dalam, kuliah bisa dicari ke luar negeri.

Selanjutnya adalah program penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri. Menristekdikti menginginkan semua lulusan politeknik atau vokasi harus memiliki sertifikasi keahlian.

Kami berharap informasi mengenai persoalan salah satu bentuk Perguruan Tinggi lainnya yaitu Institut, dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ristekdikti.go.id
- ujiantulis.com

No comments :

Post a Comment