Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Kualitas Lulusan Pendidikan Tinggi Perlu Ditingkatkan

No comments
Meningkatkan kualitas lulusan pendidikan tinggi dan membangun ekosistem perguruan tinggi yang mampu merespon industri 4.0 dan selaras dengan kebutuhan industri adalah salah hal penting yang menjadi perhatian Pemerintah saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada acara Peresmian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KH. Bahaudin Mudhary (STIEBA) di Sumenep, Madura (10/12).

Menurut Menristekdikti bahwa lulusan perguruan tinggi saat ini tidak bisa hanya mengandalkan ijazah saja, namun harus dibekali sertifikat keahlian yang sesuai dengan standar industri, pada bidang masing-masing.

Selain mendapatkan ijazah, lulusan perguruan tinggi juga harus memiliki sertifikat kompetensi sesuai keahlian masing-masing. Ijazah saja tidak cukup, karena sertifikat kompetensi ini akan menentukan lulusan pada kemampuan terbaiknya.

Beliau juga mengungkapkan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 perlu mempersiapkan sistem pembelajaran yang lebih inovatif di perguruan tinggi seperti penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal data Information Technology (IT), Operational Technology (OT), Internet of Things (IoT), dan Big Data Analytic, mengintegrasikan objek fisik, digital dan manusia untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kompetitif dan berdaya saing.

Selain mendorong meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, Pemerintah juga mendorong perguruan tinggi untuk dapat melampaui hasil penelitian menjadi produk inovasi yang dapat dipasarkan kepada masyarakat. Salah satu caranya adalah memastikan perguruan tinggi memiliki inkubator bisnis teknologi (IBT) yang produktif sehingga dapat melahirkan wirausaha atau perusahaan pemula berbasis teknologi.

Menurut Menristekdikti Mohamad Nasir, bahwa start-up menjadi sangat penting, bagaimana mempertemukan antara academicians, business, maupun government (triple helix) untuk berkolaborasi. Hal tersebut yang harus kita perhatikan.

Selanjutnya Nasir berharap di masa mendatang perguruan tinggi dengan akreditasi A dan B harus memiliki inkubasi bagi dosen dan mahasiswa yang memiliki hasil penelitian, sehingga penelitian tersebut dapat menjadi inovasi dan dipasarkan langsung ke masyarakat.

Kami berharap informasi mengenai Kualitas Lulusan Pendidikan Tinggi di Indonesia dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah ke Perguruan Tinggi, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ristekdikti.go.id
- ujiantulis.com

No comments :

Post a Comment