Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Sekolah Tinggi

No comments
Sekolah tinggi dalam pendidikan di Negara kita merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik atau juga vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni serta apabila memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 pasal 16 ayat 2 dan UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 20 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional, sekolah tinggi merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi selain akademi, politeknik, institut, dan universitas.

Penjelasan pasal 20 ayat 1 UU tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut menyebutkan, "Sekolah tinggi menyelenggarakan pendidikan akademik dan/atau vokasi dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi".

Terdapat berbagai jenis sekolah tinggi yang ada di Indonesia, diantaranya Sekolah Tinggi Agama (Agama Islam, Buddha, dll), Sekolah Tinggi Farmasi, Sekolah Tinggi Hukum, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa (bahasa Nasional dan atau bahasa Asing), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan.

Di samping itu ada pula bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan, yakni salah satu Sekolah Tinggi yang mengajarkan tentang ilmu-ilmu pendidikan sesuai dengan bidang program studi masing-masing, selain itu mahasiswa juga diajarkan bagaimana bersosialisasi agar proses ngajar mengajar menjadi efektif selain itu juga masih diajarkan ilmu pendukung lainnya seperti statiska dan manajemen pendidikan. Bentuk-bentuk lainnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian, Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik, dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknologi Kelautan.

Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan atau disingkat STKIP juga merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi yang dianggap salah satu yang paling banyak. Sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan memiliki beberapa program studi yang berasal dari rumpun yang sama, yaitu rumpun kependidikan. Sekolah ini merupakan salah satu jenis perguruan tinggi yang mempunyai misi untuk menghasilkan tenaga kependidikan terutama tenaga guru, atau sering disebut sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK).

Kami berharap informasi mengenai persoalan salah satu bentuk Perguruan Tinggi lainnya yaitu Sekolah Tinggi, dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Perguruan Tinggi, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ristekdikti.go.id
- ujiantulis.com

No comments :

Post a Comment