Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Akreditasi Program Studi ISBI Tanah Papua Tahun 2019

No comments
Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua atau dikenal dengan akronim ISBI Tanah Papua, merupakan salah satu perguruan tinggi negeri berbentuk Institut yang mengkhususkan diri pada pendidikan seni. Di Indonesia terdapat empat institut dengan nama sama namun terletak di kota yang berbeda dan di bawah kepengurusan yang berbeda-beda pula contohnya ISBI Tanah Papua dan Institut ISBI Aceh.

Institut Seni Budaya Indonesia adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang Seni dan Budaya.

Gedung Administrasi ISBI Tanah Papua berkedudukan di Jl. Raya Abepura - Sentani, Waena, Sentani Tim., Kota Jayapura, Papua 99225. Institut Seni ini cukup terkenal di Indonesia. Para pelajar / calon mahasiswa yang berminat kuliah di Institut Seni ini termasuk cukup banyak, karena di Institut Seni tersebut terdapat beberapa prodi seni yang favorit pilihan siswa/siswi dari berbagai pelosok tanah air (domestik) bahkan dari luar negeri (Mancanegara).

Institut Seni Indonesia Negeri ini memiliki beberapa fakultas yang terdiri dari begitu banyak jurusan / prodi yang tersebar di lingkungan ISBI Tanah Papua.

Akreditasi Institut Seni ini belum bisa kami publikasikan karena pihak BAN-PT Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI) belum mensosialisasikan hasi akreditasi untuk Institut Seni Indonesia Negeri ini.

Sebagai informasi bahwa Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua Prof. Dr. I Wayan Rai. S menegaskan, lembaga ISBI Tanah Papua yang dipimpinnya kini mulai dikenal masyarakat luas, terbukti ISBI selalu dilibatkan untuk mengisi acara dan kegiatan penting di daerah tersebut.

Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya langkah nyata yakni menjalin koneksitas dengan berbagai komponen sebanyak-banyaknya agar ISBI lebih cepat dikenal publik, baik di dalam maupun mancanegara.

ISBI Papua antara lain dipercaya mengisi acara dan menghias gedung stadion Mandala yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Dalam perhelatan berbagai lomba ISBI selalu dilibatkan, baik sebagai pembina maupun juri. Pada tanggal 7 September yang akan datang, ISBI Tanah Papua melalui Rektor diundang sebagai pembicara dalam "International Conference on Biodiversity, Ecotourism and Creative Economy" yang diselenggarakan oleh Gubernur Papua.

Kegiatan tersebut rencananya dibuka oleh Presiden RI, dihadiri sejumlah Menteri sebagai pembicara. Dalam kancah nasional ISBI Tanah Papua telah mengikuti berbagai kegiatan antara lain pameran potensi Papua di Serpong.

Prof Wayan Rai menjelaskan, promosi ISBI Tanah Papua melalui media baik cetak maupun elektronik telah mambantu promosi ISBI, sebagai buktinya tahun ini menerima 84 mahasiswa, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya.

Selain itu koneksivitas di luar negeri, juga perlahan telah dibangun dengan jalinan sejumlah kerja sama dengan Thailand, California Institute of Arts, Jepang dan Papua Nugini.

Demikian kami publikasikan Akreditasi BAN-PT dan LAM-PTKes untuk sejumlah program studi / jurusan yang terdapat di lingkungan ISBI Tanah Papua. Kami berharap dapat memberikan banyak manfaat untuk para pelajar pada khususnya dan masyarakat pendidikan di Negara kita pada umumnya.

Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin! Terima kasih!

Sumber:

- BAN-PT Kemenristekdikti
- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI
- Kantor Berita Antara

No comments :

Post a Comment