Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Yuk Kita Kenali Universitas Indonesia

No comments
Salam sukses adik-adik pelajar, semoga kalian sehat-sehat saja! Pada artikel kali ini kami dari tim perguruantinggi.net akan memberikan informasi tentang salah satu perguruan tinggi ternama di negara kita Indonesia. Perguruan tinggi yang akan kakak kenalkan adalah Universitas Indonesia atau disingkat UI.

Kenapa Universitas Indonesia yang kakak kenalkan terlebih dahulu kepada adik-adik pelajar? Ya alasannya adalah bahwa UI suka atau tidak, universitas ini merupakan Universitas Negeri yang seolah menjadi standar nasional, terlebih lagi UI berada di Ibukota Negara kita Jakarta.

Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi yang berstatus negeri (PTN). Secara historis, UI semula pada masa awal kemerdekaan (1946) bernama Nood-universiteit kemudian berubah menjadi Universiteit van IndonesiĆ« yang selanjutnya disatukan menjadi “Universiteit Indonesia” pada 1950.

Universitas ini memiliki beberapa fakultas diantaranya Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat yang terdapat di Jakarta. Sedangkan Fakultas Teknik terletak di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, serta Fakultas Ekonomi ada di Makasar.

Fakultas-fakultas yang berada di luar Jakarta selanjutnya berkembang menjadi universitas-universitas terpisah di antara tahun 1954-1963. Universitas Indonesia di Jakarta mempunyai kampus di Salemba dan terdiri dari beberapa Fakultas seperti: Kedokteran, Kedokteran Gigi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Sastra, Hukum, Ekonomi, dan Tehnik.

Sebelum kampus baru Universitas Indonesia di Depok dibangun pada 1987, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yaitu Salemba, Pegangsaan Timur, dan Rawamangun Jakarta.

Status UI selain PTN juga merupakan salah satu BHMN. Apa itu BHMN? BHMN adalah Badan Hukum Milik Negara di Indonesia. Setelah tahun 2000, Universitas Indonesia menjadi satu dari beberapa universitas yang mempunyai status Badan Hukum Milik Negara di Indonesia. Perubahan status ini membawa perubahan yang signifikan untuk Universitas Indonesia yaitu otonomi yang lebih besar dalam pengembangan akademis dan pengelolaan keuangan.

Pada masa reformasi, pemerintah menilai UI sudah punya kemampuan pengelolaan yang cukup untuk memperoleh kemandirian, otonomi, serta tanggung jawab yang lebih besar dalam berperan sebagai kekuatan moral yang mendukung pembangunan nasional. Nah makanya Pemerintah menerbitkan PP No. 152 / 2000 yang menetapkan Universitas Indonesia sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Dalam 1 dasawarsa terakhir, dinamika perkembangan internal dan eksternal yang melingkupi UI sangat terasa pengaruhnya terhadap pasang surut kondisi UI. Di antaranya adalah, disahkannya oleh pemerintah UU no 12 / 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang kemudian menjadi dasar hukum bagi status hukum UI. Karena menurut Undang-undang tersebut, Perguruan Tinggi BHMN dan Perguruan Tinggi BHMN yang telah berubah menjadi Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah dengan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH).

Pada dewasa ini UI terdiri dari 13 Fakultas, Program Pasca Sarjana dan Program Vokasi. Ketigabelas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Teknik, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer. Program Studi yang terdapat di UI saat ini berjumlah 291 program studi, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 47.166 orang dan 309 orang mahasiswa asing yang mengikuti program bergelar maupun non-gelar.


Data Kontak Universitas Indonesia

Kampus Baru UI Depok
Jawa Barat – 16424
Indonesia

Phone: +62 21 786 7222
Contact Center: 1500 002
Whatsapp: 08 15 15000 002
Fax: +62 21 78849060

Email: humas-ui@ui.ac.id
Twitter: @univ_indonesia

Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran PTS Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- ui.ac.id
- ujiantulis.com

No comments :

Post a Comment