Informasi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Universitas Indonesia

No comments
Universitas Indonesia salah satu Universitas kebanggaan di Indonesia, kita sering menyebutnya dengan akronim "UI" yang merupakan singkatan dari Universitas Indonesia. Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi yang berstatus Negeri di Indonesia.

Gedung Kampus utamanya berlokasi di bagian Utara dari Kota Depok, Jawa Barat tepatnya di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jaksel. Serta kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat.

Universitas Indonesia adalah kampus yang bernuansa modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas dan tentu saja multi kampus.

Universitas Indonesia sudah mencetak lebih kurang 400.000 alumni yang secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia berderet bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Asal mula terbentuknya UI adalah pada masa pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa.

Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatan akademiknya pada tanggal 2 Februari 1950 dengan presiden (setara rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

No comments :

Post a Comment